Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Pertanian (KKMP)

Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Pertanian (KKMP) merupakan kompetisi business plan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UKM Keilmiahan IPB (FORCES / Forum for Scientific Studies) dan menjadi bagian dari rangkaian acara PIMPI (Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia) yang menjadi agenda terbesar dan bersifat tahunan. KKMP mengangkat tema “Indonesia Kreatif dan Tangguh”. Kompetisi ini merupakan ajang bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan pemikirannya dalam bentuk proposal pengembangan ide bisnis berbasiskan pertanian, khususnya pemberdayaan produk pertanian yang berbasis kearifan lokal.

Rencana pengembangan ide bisnis dituangkan dalam bentuk tulisan dan perhitungan bisnis yang rinci, dimana produk boleh sudah ada, maupun masih dalam bentuk gagasan. Proposal pengembangan ide bisnis yang dikompetisikan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut. Proposal tidak mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, ataupun skema piramid. Proposal ide bisnis yang dikompetisikan harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata dengan adanya sistem kemitraan yang dibangun dengan petani lokal.

 

a.     Bidang Ilmu yang Dikompetisikan

1)    Diversifikasi Pangan

2)    Peralatan Pertanian

3)    Industri kreatif

4)    Agroindustri

5)    Bioindustri

6)    Jasa Pertanian

7)    Hasil Pertanian (secara luas, dapat meliputi kehutanan, perikanan, pertanian maupun kelautan)

 

b.    Ketentuan Peserta

1)    Peserta merupakan mahasiswa aktif S1 atau Diploma perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia dan masih berstatus mahasiswa saat Grand Final (dibuktikan dengan fotokopi KTM yang disertakan saat pengiriman karya).

2)    Peserta dapat perorangan atau berkelompok dengan jumlah maksimal 3 orang dan berasal dari perguruan tinggi yang sama.

3)    Anggota kelompok dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda.

4)    Peserta harus mendapatkan rekomendasi dari pihak perguruan tinggi (Wakil/Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) yang dibuktikan dengan lembar pengesahan dalam karyanya.

 

c.     Ketentuan Kompetisi

1)    Business plan yang dikirimkan merupakan hasil pemikiran sendiri, bukan hasil jiplakan dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

2)    Setiap tim harus membuat dan mengirimkan business plan sesuai dengan tema dan sistematika yang ditentukan (sistematika penulisan karya tulis dapat dilihat pada Lampiran 1).

3)    Setiap proposal yang dikirimkan tidak diperkenankan sedang berpartisipasi atau telah memenangkan penghargaan dalam kompetisi serupa di tempat lain.

4)    Peserta wajib mendaftarkan diri secara online di www.pimpi.event.ipb.ac.id  dan via email ke pimpi.ipb@gmail.com (Format pendaftaran sesuai Lampiran 1) dan mentransfer biaya registrasi sebesar Rp. 150.000,00 ke BNI Cabang Darmaga Bogor a.n ISTIQOMAH NURFITRI, nomer rekening 0197519859 sebelum menyerahkan karyanya ke sekretariat UKM FORCES (Forum for Scientific Studies).

5)    Konfirmasi melalui sms ke Istiqomah Nurfitri (085664926123) dengan format nama PTN-nama peserta-judul karya-jam transfer.

6)    Proposal dikirimkan sebanyak 4 eksemplar (hardcopy), bersamaan dengan bukti pembayaran, dan fotokopi KTM ke Sekretariat UKM FORCES.

7)    Sebagai arsip panitia, peserta juga harus mengirimkan karyanya dalam bentuk softcopy ke email kkmp.pimpi@gmail.com, dengan format judul KKMP-Nama Ketua-Asal Universitas-Judul Karya

8)    Peserta diperkenankan mengirimkan lebih dari satu karya tulis (maksimal 2) dan setiap karya tulis yang diajukan mendapat bimbingan dari seorang dosen pembimbing dari perguruan tinggi yang sama.

9)    Nama-nama finalis (sebanyak 10 team) akan diumumkan melalui website www.pimpi.event.ipb.ac.id pada tanggal 5 November 2012 pukul 21.00 WIB, e-mail, dan sms.

10) Semua finalis diwajibkan mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri dan audience pada saat Grand Final di Kampus IPB Dramaga, Bogor pada tanggal 16 November 2012 (akan ada informasi lebih lanjut).

11) Semua finalis diharuskan mengisi stand dalam acara Gelar Karya Pertanian (GKP) pada tanggal 17 & 18 November 2012.

12) Semua finalis diharuskan membuat x-banner 1, poster 2, dan leaflet minimal 100 lembar, yang merepresentasikan ide bisnisnya untuk ditampilkan dalam GKP dan akan dipilih satu Juara GKP untuk keseluruhan rangkaian acara PIMPI (stand terbaik).

13) Finalis yang menjadi pemenang diharuskan mempresentasikan karyanya pada acara ‘Seminar Pertanian Indonesia’.

14) Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

15) Segala urusan keuangan menyangkut pembuatan business plan, poster ilmiah, x-banner, leaflet, dan lain sebagainya bukan merupakan tanggung jawab panitia.

 

d.    Ketentuan Karya Tulis

Karya tulis yang dikirimkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

1)    Original

Karya harus bersifat asli tidak meniru karya orang lain.

2)    Kreatif dan Inovatif

Karya berisi gagasan yang kreafif dan inovatif dalam arti belum pernah ada sebelumnya namun memiliki landasan teori yang jelas dan realistis.

3)    Solutif dan Aplikatif

Karya adalah hasil telaah kritis terhadap suatu permasalaah dan isu yang mutakhir atau aktual didukung argumentasi ilmiah yang jelas, sehingga karya dapat menjadi solusi permasalahan yang ada di Indonesia dan dapat diterapkan oleh masyarakat luas.

4)    Sistematis

Karya disampaikan dalam bentuk yang jelas, sistematis, runut, dan didukung oleh data atau informasi yang terpercaya.

5)    Sesuai dengan bidang ilmu yang dikompetisikan

Bidang ilmu yang dikompetisikan mencakup diversifikasi pangan, peralatan pertanian, industri kreatif, agroindustri, bioindustri, jasa pertanian dan hasil pertanian (secara luas, dapat meliputi kehutanan, perikanan, pertanian maupun kelautan).

6)    Mengikuti sistematika penulisan yang ada di lampiran 2.

 

e.     Agenda Kompetisi

Tahap pendaftaran : 1 Juli – 22 Oktober 2012

Tahap penerimaan naskh : 1 Juli – 22 Oktober 2012 (cap pos)

Tahap seleksi : 27 Oktober – 4 November 2012

Pengumuman finalis : 5 November 2012 pukul 21.00 WIB

Grand final : 16 November 2012

Pameran GKP : 17 – 18 November 2012

Pengumuman Pemenang            : 18 November 2012

Catatan :

  • Jadwal Kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu, untuk lebih jelasnya dapat dilihat di www.pimpi.event.ipb.ac.id
  • Pemenang (Juara I, II, dan III) KKMP akan diumumkan pada Seminar Pertanian Indonesia pada tanggal 18 November 2012.
  • Seluruh finalis wajib mengikuti  Seminar Pertanian Indonesia dan pameran Gelar Karya Pertanian (GKP)  tanpa dipungut biaya.

 

f.      Hadiah

Juara I         : Trophy + Uang Tunai Rp 4.000.000,00

Juara II         : Trophy + Uang Tunai Rp 3.000.000,00

Juara III        : Trophy + Uang Tunai Rp 2.000.000,00

Juara Stand Terbaik : Trophy + Uang Tunai Rp 1.000.000,00

Tiap finalis akan mendapatkan sertifikat penghargaan.

 

g.    Layanan Informasi

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

Sekretariat FORCES di Lt. 1 Gedung Student Center (SC) Lingkar Kampus IPB (Samping Gymnasium) Darmaga, Bogor, Jawa Barat, 16880

Website                 : www.pimpi.event.ipb.ac.id

Email                      : pimpi.ipb@gmail.com

Contact Person      :

KKMP          :  Bq. Amelia R.       (085772610792)

PIMPI         : Mawardi                  (085780744520)

                    Istiqomah              (085664926123)

DOWNLOAD formulir dan panduan KKMP PIMPI 2012

This entry was posted in Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Pertanian (Agropreneur), Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Pertanian (Agropreneur). Bookmark the permalink.

One Response to Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Pertanian (KKMP)

  1. Pingback: Rangkaian Kegiatan dan Ketentuan Kompetisi

Leave a Reply