Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Pertanian (Agropreneur)

Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Pertanian merupakan sebuah kompetisi membuat proposal pengembangan ide bisnis berbasiskan pertanian, khususnya pemberdayaan produk teknologi pertanian yang berbasis kearifan lokal. Produk boleh sudah ada, maupun masih dalam bentuk gagasan. Peserta lomba menjabarkan rencana pengembangan ide bisnisnya dalam bentuk tulisan dan perhitungan bisnis yang rinci. Proposal pengembangan ide bisnis yang dikompetisikan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut. Proposal tidak mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, ataupun skema pyramid. Proposal ide bisnis yang dikompetisikan harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata dengan adanya sistem kemitraan yang dibangun dengan petani lokal.

  1. Tema : Indonesia Kreatif dan Tangguh
  2. Aspek Bidang :
    • Diversifikasi Pangan
    • Hasil Pertanian (secara luas, dapat meliputi kehutanan, perikanan, pertanian maupun kelautan)
    • Peralatan Pertanian
    • Industri kreatif
    • ¬†Agroindustri
    • ¬†Bioindustri
    • Jasa Pertanian
  3. Peserta diharuskan membayar biaya pendaftaran karya sebesar Rp 150.000,00 ke BNI Cabang Darmaga Bogor a.n ISTIQOMAH NURFITRI, nomer rekening 0197519859 dan mengikuti sistematika penulisan yang telah ditentukan.
  4. Proposal diketik pada kertas ukuran A4, jenis huruf Times New Roman ukuran 12, dan spasi 1,5 dengan batas pengetikan samping kiri, kanan, atas, dan bawah masing-masing 4 cm, 3 cm, 3 cm, dan 3 cm.
  5. Softcopy naskah dikirimkan dalam bentuk file pdf ke pimpi.ipb@gmail.com. Hardcopy dikirimkan rangkap 3 ke alamat Sekertariat FORCES IPB, Gedung Student Center IPB Lt.1 Jalan Lingkar Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680

CP : Mawardi (085780744520).